Perpustakaan FEB

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Strategi Pembelajaran Sains

Image of Strategi Pembelajaran Sains
Bagian pertama dari buku ini menjelaskan wawasan perkembangan kurikulum di Indonesia. Materi ini penting karena memberikan pemahaman yang baik tentang dasar teoritis sederhana dan praktis terkait perkembangan kurikulum yang akan membantu mahasiswa untuk mengembangkan strategi pembelajaran sains yang lebih dinamis. Implementasi metode, pendekatan, dan model pembelajaran sains akan tampak pada pengembangan silabus dan rencana program pembelajaran (RPP). Bagian kedua dari buku ini menjelasan tentang materi ajar. Materi ajar yang dikembangkan dalam bentuk peta konsep sangat direkomendasikan dalam penyajian materi pelajaran. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian yang menyatakan bahwa penggunaan peta konsep dapat memudahkan siswa dalam memahami mata pelajaran sains. Bagian ketiga menjelaskan pentingnya keterampilan proses sains (science process skill) dalam mendesain kegiatan pembelajaran. Hakikat IPA sebagai proses terimplementasi dalam desain pembelajaran berbasis KPS. Bagian keempat menjelaskan variasi metode dan pendekatan dalam pembelajaran sains. Bagian kelima menjelakan asesmen pembelajaran sains. Asesmen pembelajaran sains meliputi penilaian aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif. Bagian keenam menjelaskan model-model pembelajaran sains yang berpusat pada siswa seperti model pembelajaran inkuiri, STM, kooperatif, dan kolaboratif. Bagian ketujuh menjelaskan pengelolaan laboratorium yang akan melengkapi kegiatan pembelajaran sains yang lebih utuh seperti melakukan praktikum atau bereksperimen. BukuStrategi Pembelajaran Sains di kalangan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Jurusan IPA UIN Syarif Hidayatullah ini merupakan suatu hal yang penting dan mendesak, mengingat saat ini masih sangat langka buku referensi strategi pembelajaran yang langsung memberikan contoh aplikatif untuk mata pelajaran sains. Olehkarenanya, keberadaansumberreferensi yang memadaimerupakansuatukebutuhan yang takterbantahkanlagi.
Ketersediaan
B1005000463Tersedia
B1005000401507 ZUL s C.2Reading Room FEB 2 (507)Tersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

507 ZUL s C.

Penerbit

Jakarta: LP UIN Jakarta : Jakarta: LP UIN Jakarta.,

Deskripsi Fisik

vi, 183 hlm; 21 cm

Bahasa

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Sains - Studi dan Pengajaran 507

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

Cet.1

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Share :


E-Jurnal Link

E-Jurnal Link

Kontak Perpustakaan


Hubungi kami di

Jl. Ir. H. Djuanda No.95
Ciputat 15412 Indonesia

Email : perpustakaan@uinjkt.ac.id

Telpon : (62-21) 7494136

Fax : (62-21) 7493175

Senin hingga Jumat
8.30 sampai 20.00

Pada hari Jumat istirahat 11.00 sampai 13.30

Sabtu
09.00 sampai 13.00

Top