Strategi Pembelajaran Sains
Zulfiani - Personal Name
Tonih Feronika - Personal Name
Kinkin Suartini - Personal Name
Bagian pertama dari buku ini menjelaskan wawasan perkembangan kurikulum di Indonesia. Materi ini penting karena memberikan pemahaman yang baik tentang dasar teoritis sederhana dan praktis terkait perkembangan kurikulum yang akan membantu mahasiswa untuk mengembangkan strategi pembelajaran sains yang lebih dinamis. Implementasi metode, pendekatan, dan model pembelajaran sains akan tampak pada pengembangan silabus dan rencana program pembelajaran (RPP). Bagian kedua dari buku ini menjelasan tentang materi ajar. Materi ajar yang dikembangkan dalam bentuk peta konsep sangat direkomendasikan dalam penyajian materi pelajaran. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian yang menyatakan bahwa penggunaan peta konsep dapat memudahkan siswa dalam memahami mata pelajaran sains. Bagian ketiga menjelaskan pentingnya keterampilan proses sains (science process skill) dalam mendesain kegiatan pembelajaran. Hakikat IPA sebagai proses terimplementasi dalam desain pembelajaran berbasis KPS. Bagian keempat menjelaskan variasi metode dan pendekatan dalam pembelajaran sains. Bagian kelima menjelakan asesmen pembelajaran sains. Asesmen pembelajaran sains meliputi penilaian aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif. Bagian keenam menjelaskan model-model pembelajaran sains yang berpusat pada siswa seperti model pembelajaran inkuiri, STM, kooperatif, dan kolaboratif. Bagian ketujuh menjelaskan pengelolaan laboratorium yang akan melengkapi kegiatan pembelajaran sains yang lebih utuh seperti melakukan praktikum atau bereksperimen. BukuStrategi Pembelajaran Sains di kalangan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Jurusan IPA UIN Syarif Hidayatullah ini merupakan suatu hal yang penting dan mendesak, mengingat saat ini masih sangat langka buku referensi strategi pembelajaran yang langsung memberikan contoh aplikatif untuk mata pelajaran sains. Olehkarenanya, keberadaansumberreferensi yang memadaimerupakansuatukebutuhan yang takterbantahkanlagi.
Ketersediaan
B1005000463 | Tersedia | ||
B1005000401 | 507 ZUL s C.2 | Reading Room FEB 2 (507) | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
507 ZUL s C.
Penerbit
Jakarta: LP UIN Jakarta : Jakarta: LP UIN Jakarta., 2009
Deskripsi Fisik
vi, 183 hlm; 21 cm
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Sains - Studi dan Pengajaran 507
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet.1
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain